Pada semester 3, saya mempelajari materi dan praktik tentang GSM (Standard Grapich Manual) di mata kuliah DKV 2. Saya melakukan re-design pada UMKM yang dimiliki oleh teman saya yaitu Mango Sago.

Mango Sago adalah usaha menengah yang membuat minuman dengan menggunakan bahan buah-buahan. Mango sago dibuat dengan pilihan buah-buahan yang segar dan menggunakan alat-alat yang higenis, Mango sago telah berdiri sejak tahun 2022. Makna pesan yang disampaikan yaitu Mango Sago merupakan minuman yang berkhasiat dan menyehatkan untuk kalangan masyarakat.
Pemilihan audiens Mango sago yaitu berfokus pada remaja terutama Mahasiswa karena seorang Mahasiswa pasti pintar dalam memilah apa yang baik untuk dikonsumsi mana yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh dirinya.
Bentuk desain yang digunakan dibuat dengan warna yang Cerah, agar menarik perhatian Konsumen. Logo Mango Sago sendiri dibuat dengan logo Mangga yang di mana logo tersebut menonjolkan ciri khas dari Mango Sago tersebut.
Prinsip Persepsi Sosial Mango Sago
Persepsi yang didapat berdasarkan pengalaman konsumen yaitu dari rasanya. Mango Sago dibuat menggunakan buah-buahan pilihan yang segar agar menyehatkan untuk konsumen, konsumen juga menilai berdasarkan rasa yang di mana Mango Sago rasanya yang sangat enak.
Persepsi yang mempengaruhi atensi pada Mango Sago yaitu dikarenakan Faktor Internal, yang pertama dari faktor biologis yang di mana Mango Sago menyiptakan menciptakan rasa haus, sehingga konsumen berkeinginan untuk meminum terus Mango Sago.
Faktor sosial budaya, Para Mahasiswa memiliki berfikiran bahwa buah mangga sangat baik untuk di konsumsi.
Faktor psikologis yaitu emosi/perasaan. Beberapa Mahasiswa mengkonsumsi Mango Sago ketika suasana dirinya sedang tidak baik, dan Mango Sago dipercayai oleh mahasiswa dengan meminum-minuman yang manis dan segar sangat bagus memulihkan kondisi suasana hati mereka.
Persepsi dugaan yang sering didapat hanya melihat isi tempat produk Mango Sago, konsumen akan langsung menduga bahwa produk yang berbahan dasar buah-buahn yang berarti baik bagi kesehatan.
Persepsi yang dapat pada saat meminum Mango Sago konsumen tidak ada memiliki rasa keraguan dalam kandungan yang di gunakan, karena dengan berbahan dasar buah-buahan yang segar mereka mempercayai itu sangat baik untuk di konsumsi.
Dengan bahan buah-buahan yang digunakan dalam pembuatan Mango Sago, menjadi ciri khas dari Mango Sago sendiri karena dengan pemilihian buah-buahn yang segar. Untuk desain kemasan dan branding juga dibuat dengan nuansa cerah dan modern, agar menarik perhatian konsumen.