Persepsi Warna pada design Tangible dan Intangible
Persepsi warna adalah kemampuan mata manusia untuk mendeteksi,mengidentifikasi, dan menginterpretasikan berbagai warna dalam lingkungan visual. Sedangkan Persepsi bentuk adalah kemampuan otak manusia untuk mengidentifikasi, mengorganisir, dan menginterpretasikan bentuk-bentuk visual yang terlihat dalam lingkungan sekitar. Tangible adalah sesuatu yang memiliki bentuk fisik dan dapat dirasakan atau disentuh, Design tangible sendiri digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang konkret, nyata, dan dapat dikenali melalui indera fisik, seperti penglihatan, perabaan. Intangible adalah sesuatu hal-hal yang tidak memiliki bentuk fisik atau substansial yang dapat dirasakan atau disentuh. Intangible sendiri mengacu pada hal-hal abstrak atau non-fisik yang sering kali tidak dapat diukur dengan cara yang sama seperti benda fisik.
1. Logo Burger King
Saya menggunakan contoh dari logo Burger King Bentuk tangible yang saya dapat dari logo Burger King adalah Burger King memiliki identitas merek dan kesan visual yang sederhana dan mudah di tangkap oleh masyarkat. Dan di logo Burger King menciptakan asosiasi dengan rasa burger yang lezat dan menggugah selera. Jadi ketika orang melihat logo ini kita bisa jadi merasa lapar atau mendapatkan keinginan untuk mencicipi produk Burger King.
2. Banner KFC
Untuk contoh desain banner KFC masuk kedalam kategori tangible, karena kita dapat rasakan, banner ini diperkuat dengan warna merah yang dominan. Dimana warna merah sendiri memiliki arti makna Keberani, Energi, Gairah, dan Kemewahan, maka dari situ warna merah sering di gunakan perusahaan yang berdada di bidang makanan, karena warna merah pada desain makanan mampu memberikan daya tarik gairah napsu makan audient.
3. Desain Billboard Susu Bear Brand
Untuk contoh desain billboard Susu Bear Brand masuk kedalam kategori tangible, karena kita dapat rasakan dari, desain ini memiliki warna putih yang dimana warna putih memiliki makna Kemurnian, Kesehatan, Kesegaran, Kebersihan. Desain susu bear band dapat di kategorikan desain yang positif, yang di mana desain ini komitmen dengan warna putih dan mempunyai tagline untuk menjaga kesehatan.
4. Cover Buku
Untuk contoh desain sampul buku masuk kedalam kategori tangible, karena dimana kita dapat membaca serta memegang bentuk fisiknya secara nyata, untuk dari segi presepsi desain buku ini menggambarkan suasana desain yang lucu, dari segi presepsi warna mengartikan buku ini memiliki arti Kreativitas, Imajinasi dan kegembiraan, jadi setiap audient yang membaca buku ini memiliki hati yang gembira.
5. Poster Virus Covid 19
Contoh dari Intangible disini saya menggunakan poster gambar virus covid 19, yang di mana kita tidak dapat melihat bentuk virus covid 19 itu seperti apa, mangka dari itu di poster ini di jelaskan bahwa virus covid 19 itu sangat membahayakan, dari segi warna pada poster memiliki arti kesehatan, kesembuhan dan keselamatan, yang mengartikan manusia agar bisa selamat dari virus 19.